Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Sunday, July 21, 2024

Pembina Baru Semangati Pengurus OSIS dan MPK dengan Surat Al Insyirah




Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesunggguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, dua ayat dalam surat al Insyirah ini yang harus menjadi prinsip khidmah Osis dan MPK, ujar Firman Saefatullah selaku pembina Baru OSIS/MPK MAN 3 Majalengka dalam sambutan perdananya di rapat gabungan OSIS/MPK, Jum'at, 19/07/2024. 

Dalam dinamika berorganisasi tidak luput dari adanya masalah yang sejatinya harus di hadapi, tapi tidak jarang pengurus organisasi merasa sudah melakukan banyak hal untuk mengatasinya tapi tidak juga teratasi, sehingga kerap menimbulkan perasaan putus asa dan tidak sedikit juga yang kemudian menyerah. dalam situasi seperti ini Firman dalam sambutannya menyemangati para pengurus OSIS/MPK untuk tetap bertahan.

Firman menyitir ayat yang diulangi dua kali dalam surat al Insyirah, Fa Inna ma'al 'usri yusro inna ma'a 'usri yusro. Lebih lanjut Firman yang sebelumnya menjadi pembina Pramuka ini menjelaskan, bahwa disebutkannya berulang itu menegaskan bahwa isi kandungan ayat tersebut benar-benar harus dipedomani dalam kehidupan sehari-hari, dan cocok sekali dijadikan prinsip berkhidmah di dalam organisasi OSIS maupun MPK.

Pengurus OSIS/MPK itu adalah pelajar-pelajar pilihan, yang mempunyai potensi dan mau mengaktualisasikan potensinya itu untuk berkhidmah ke Madrasah. Firman menyebutkan ada beberapa kriteria pelajar dalam menyikapi pilihan berorganisasi.

Ada pelajar yang mengetahui bahwa dia mempunyai potensi dan mau mengaktulisasikannya untuk bermaslahat melalui organisasi, ada pelajar yang mengetahui bahwa dia berpotensi tapi tidak mau mengaktulisasikannya dengan berorganisasi. Dan para pengurus OSIS/MPK ini sudah berada dalam pilihan yang benar, tegas Firman.



Di akhir sambutan Firman mengingatkan Pengurus Osis dan MPK untuk tidak mudah menyerah dalam berbagai situasi. Karena kita harus meyakini bahwa kita merupakan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. Kalau kita ragu akan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah maka kita akan rugi, karena kita akan mudah lari dari permasalah yang ada. 

Dalam pertemuan yang dihadiri hampir semua pengurus OSIS/MPK itu juga di isi dengan evaluasi program kerja. Baik kegiatan yang sudah di lakukan oleh OSIS dan MPK di setengah tahun ke belakang, maupun evaluasi dan reorientasi rencana kerja setengah tahun kedepan.   

No comments:

Post a Comment