Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Saturday, August 17, 2024

Agustus Bulan Merdeka

Pada saat bulan Agustus tahun 1945, diadakannya sebuah penyampaian proklamasi oleh Soekarno dan Hatta yang bertujuan sebagai pertanda bahwa Indonesia telah merdeka. Ini adalah sebuah momen paling bersejarah yang akan selalu terus dikenang oleh bangsa indonesia. Bertahun-tahun mereka lalui, masa yang dahulu kelam kini berubah menjadi masa yang gembira dan bebas dari penjajahan. Peristiwa penting ini selalu diperingati pada tanggal 17 Agustus.

Biasanya, setiap kali peringatan hari kemerdekaan selalu diadakan prosesi kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi. Rute kirab hanya dari monas sampai ke istana merdeka. Dan pada hari itu biasanya seluruh siaran di TV menunjukkan prosesi kirab yang sedang berlangsung, sehingga memudahkan kita untuk dapat melihat moment tersebut tanpa harus jauh-jauh ke luar kota.

Tak hanya itu diseluruh daerah Nusantara biasanya mereka juga mengadakan festival atau lomba-lomba di bulan Agustus ini sehingga membuat hari itu menjadi terasa sangat meriah. Terdengar sorak gembira dari anak-anak yang sedang ikut berlomba di Rt/Rw setempat. Tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun mengikuti kegiatan perlombaan tersebut. Banyak hadiah yang bisa mereka dapatkan jika mereka memenangkan perlombaan tersebut. Bukan kah itu terasa menyenangkan?. 

Di momen memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, semua masyarakat menunjukkan rasa suka citanya dengan menghias rumah, jalanan, perkantoran, dan tempat lainnya dengan ornamen serba Merah Putih sesuai warna bendera kebangsaan kita. Sehingga tak jarang kita lihat bila mendekati hari kemerdekaan di tiap-tiap sudut jalanan banyak sekali bendera-bendera dan hiasan lainnya yang masyarakat buat bersama untuk memeriahkan hari itu.

Tak hanya dilingkungan masyarakat berbagai lomba juga dapat diadakan di sekolah. Biasanya lomba di lingkungan sekolah adalah lomba menghias kelas dengan mengusung tema 'hari kemerdekaan Indonesia' sehingga hal tersebut membuat siswa/siswi menjadi lebih kreatif dan memunculkan rasa bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.


Tulisan nominator sayembara menulis opini kemerdekaan OSIS/MPK MAN 3 Majalengka

Penulis Opini : Nia Nursipa  (Kelas XI C / OSIS Sekbid 6)

Editor : Firman Saefatullah 

No comments:

Post a Comment