Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Thursday, August 8, 2024

LKPD Menjadi Salah Satu Sumber Belajar

Gambar 1. Peserta didik dengan LKPD
Pelaksanaan pembelajaran tidak lepas dari bagaimana guru menyiasati penyajian bahan ajar yang sesuai dengan keadaan peserta didik, salah satunya menggunakan LKPD.

LKPD merupakan singkatan dari Lembar Kerja Peserta Didik. LKPD ini seringkali digunakan dalam proses pembelajaran di madrasah dengan tujuan tertentu. Tanpa LKPD, proses pembelajaran yang dilakukan mungkin akan memakan proses dan waktu yang lebih lama. LKPD sendiri meliputi unsur-unsur yang akan membantu peserta didik memahami materi lebih cepat.

LKPD disusun lebih sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh peserta didik yang dalam satu rombongan belajar atau kelas memiliki kemampuan membaca beragam. Namun tetap mengutamakan ketercapaian Tujuan Pembelajaran pada setiap Capaian Pembelajaran yang sudah ditentukan.

Mata pelajaran Informatika termasuk mata pelajaran yang membutuhkan media pembelajaran bervariasi untuk mendukung proses pembelajaran yang terdiri dari pembelajaran teoritis untuk penguatan secara kognitif dan panduan praktikum sesuai dengan kemampuan praktik peserta didik.

Gambar 2. Penggunaan LKPD untuk pembelajaran

Pembelajaran Informatika hari selasa tanggal 08 Agustus 2024 di kelas XE dan kelas XF mulai menggunakan LKPD yang disusun oleh Lilis Juwita, S.Kom sebagai pengampu mata pelajaran Informatika MAN 3 Majalengka. Diawali dengan membudayakan literasi saat pembelajaran.

Kemajuan dan keunggulan peserta didik ditentukan oleh adanya tradisi dan budaya literasi yang baik, dalam literasi digital dikenal dengan pilar budaya digital. Hal ini bisa diterapkan baik melalui penggunaan E-Book dan LKPD sebagai sumber belajar.

Kontributor: Lilis Juwita, S.Kom
Guru Informatika MAN 3 Majalengka

No comments:

Post a Comment