Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Monday, August 5, 2024

Pembina Upacara Bendera di MAN 3 Majalengka: Pertama kali bertemu seseorang, yang dinilai adalah akhlak dan sopan santunnya

  

Majalengka (Humas) – Upacara bendera hari Senin, 5 Agustus 2024, di MAN 3 Majalengka berlangsung dengan khidmat. Siswa kelas XII-B terpilih menjadi petugas upacara pada pagi hari itu, menunjukkan dedikasi dan semangat yang tinggi.

Dalam amanatnya, Miss Lita Anderina, S.Pd., selaku pembina upacara yang juga Guru Bahasa  Inggris, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh petugas upacara atas pelaksanaan tugas yang baik. Beliau juga menekankan pentingnya sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

“Sopan santun adalah cerminan akhlak yang baik. Sikap ini harus kita biasakan sejak dini. Pertama kali bertemu seseorang, yang dinilai adalah akhlak dan sopan santunnya,” tegas Miss Lita.


Lebih lanjut, Miss Lita menjelaskan bahwa sikap sopan santun membawa banyak manfaat, seperti disenangi oleh orang lain, dihargai, dan dihormati. Sikap ini harus diterapkan kepada siapa pun, tanpa terkecuali, baik itu orang tua, guru, teman, maupun orang asing.

“Di lingkungan madrasah, kita harus menggunakan bahasa yang baik dan santun, baik itu bahasa Sunda maupun bahasa Indonesia. Hindarilah menggunakan kata-kata kasar karena dapat menyakiti hati orang lain,” imbuhnya.


Selain itu, Miss Lita juga mendorong siswa untuk menerapkan sikap sopan santun dalam berbagai situasi, seperti ketika berpapasan dengan orang lain, mengucapkan permisi sambil tersenyum. Dengan adanya amanat ini, diharapkan seluruh siswa MAN 3 Majalengka dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan berakhlak mulia.

Upacara bendera tersebut diikuti oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala, Guru, Kepala Urusan Tata Usaha beserta Staf di lingkungan MAN 3 Majalengka.

Sebelum selesai upacara Ibu Kepala Madrasah menambahkan beberapa hal terkait apresiasi kepada petugas, paduan suara harus membentuk tim yang solid, pentingnya kebersihan, digitalisasi dan pakaian seragam. Juga Bu Heni Supartini  mengumumkan agar membawa buku terkait program literasi.

Kontributor : Lita Anderina
Editor : Nana Misnara

No comments:

Post a Comment