Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Saturday, August 17, 2024

Semangat Kemerdekaan

Merayakan hari kemerdekaan bukanlah suatu hal yang berlebihan untuk dirayakan, sebagai bentuk syukur kita atas kemerdekaan bangsa yang teramat istimewa, namun perlu di perhatikan makna dan manfaat di balik perayaan hari kemerdekaan.

Makna dari kemerdekaan juga bisa di lihat dari keseharian kita berkehidupan, apakah kita telah berhasil mengaplikasikan poin yang terkandung dalam pancasila, yang sering juga di sebut sebagai dasar negara dan sering di maknai sebagai pedoman dan prinsip dasar dalam berkehidupan, karena pada intinya makna kemerdekaan yang paling utama adalah untuk memberikan hal positif terhadap diri sendiri.

Adapun manfaat dari perayaan hari kemerdekaan ialah memperkenalkan bahwa ada sejarah yang sangat panjang dari negara kesatuan republik Indonesia, penting untuk selalu di tanamkan rasa kecintaan terhadap bangsa, melalui pengetahuan sejarah seseorang dapat meningkatkan kecintaannya terhadap bangsanya.

Semangat kemerdekaan harus selalu berkobar tidak hanya pada saat bulan kemerdekaan saja, pada dasarnya menjaga dan mengingat sejarah bangsa adalah kewajiban setiap individu warga negara.

Namun pada bulan kemerdekaan ini adalah momentum yang sangat tepat untuk kita menyalakan kembali api semangat yang mulai redup, memacu kembali tekad yang memudar, menguatkan kembali persatuan dan kesatuan untuk melanjutkan estafet kemerdekaan bangsa.



Tulisan nominator sayembara menulis opini kemerdekaan OSIS/MPK MAN 3 Majalengka

Penulis Opini : Ade Sutanto (Kelas XII F / OSIS Sekbid Kesehatan Jasmani dan Kebersihan)

Editor : Firman Saefatullah 

No comments:

Post a Comment